Kelurahan Lempeh

Kec. Sumbawa
Kab. Sumbawa - Nusa Tenggara Barat

Info
SELAMAT DATANG DI WEBSITE KELURAHAN LEMPEH KEC. SUMBAWA KAB. SUMBAWA -- selengkapnya...

Artikel

Pendataaan Awal Regsosek di Kelurahan Lempeh

Administrator

25 Mei 2023

118 Kali dibuka

Oleh: INDRA KARSYAH
(Mahasiswa Magister Manajemen Inovasi Pascasarjana Universitas Teknologi Sumbawa)

Di era reformasi sekarang ini, pemerintah kian gencar mengkampanyekan pembangunan di segala sektor. Selain pembangunan infrastruktur, pemerintah juga giat menyusun dan melaksanakan program perlindungan sosial kepada segenap masyarakatnya. Berbagai upaya telah dilakukan dalam mencapai target-target yang telah ditentukan.

Lokal yang Mengglobal Seperti kita ketahui Bersama, bahwa salah satu indikator pembangunan di Indonesia adalah indikator kemiskinan. Kebijakan yang diambil disuatu wilayah berdasarkan kepada basis data yang ada. Pemerintah dalam hal ini, telah melakukan upaya validasi data kependudukan dengan melaksanakan program Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) oleh Badan Pusat Statistik di seluruh provinsi.
Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) dilakukan, agar pemerintah dapat melaksanakan programnya secara terintegrasi, tidak tumpang tindih dan lebih efisien. Program ini nantinya dapat mengumpulkan data masyarakat terkait kondisi sosial dan ekonomi sesuai dengan fakta yang sebenarnya. Data yang merangkum kondisi riil di masyarakat tersebut, diharapkan dapat terhimpun dengan baik melalui Kerjasama pemangku wilayah dengan Badan Pusat Statistik.
Registrasi Sosial ekonomi tersebut dilakukan pemerintah dalam upaya untuk membangun data tunggal atau dikenal dengan satu data. Dari data itu nantinya dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas layanan pemerintah seperti di bidang Pendidikan, bantuan sosial, Kesehatan, hingga administrasi kependudukan. Ini adalah sebuah tindak nyata pemerintah dalam mewujudkan cita-cita bangsa dalam mewujudkan kesejahteraan umum. BPS Sumbawa bekerjasama dengan Pemerintah Kelurahan Lempeh telah melakukan pendataan awal semenjak tanggal 15 Oktober - 14 November 2022 lalu. Setelah dilakukan pengentrian data, kemudian pada tanggal 15-17 Mei 2023 dilakukan Forum Konsultasi Publik (FKP) yang menghadirkan 32 ketua RT di aula kantor kelurahan Lempeh. Hal ini dimaksud untuk memvalidasi data yang sudah ada dengan tingkat akurasi yang bisa dipertanggungjawabkan.

Dalam kegiatan Forum Komunikasi Publik (FKP) tersebut, Hadi Sujatmiko selaku Assisten | Tim BPS Sumbawa yang mengomandani tim pendataan menerangkan, bahwa petugas Reksosek bertugas untuk mengumpulkan data dari rumah ke rumah atau door to door. Kemudian melakukan wawancara dengan anggota keluarga untuk mengisi kuisioner yang telah disiapkan. Metode ini sering disebut Paper and Pencil Interviewing (PAPI).
Data Regsosek tersebut mencakup kondisi sosial ekonomi, status kesejahteraan, kondisi perumahan, sanitasi, kepemilikan aset dll. Data ini ditujukan sebagai rujukan pemerintah untuk diintegrasikan terhadap program perlindungan sosial dan pemberdayaan ekonomi. Mengingat pentingnya program tersebut, maka sangat diharapkan agar mendapat dukungan penuh oleh segenap lapisan masyarakat. Kegiatan Regsosek tidak sebatas pendataan saja, tetapi juga merupakan pengelolaan
data secara berkelanjutan. Pemutakhiran data Regsosek akan terus dilakukan secara
berkala dan mandiri melalui Monografi.

Kirim Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Captha

CAPTCHA Image

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Lurah

DENY ARMANSYAH, S.STP

Sekretaris Kelurahan

INDRA KARSYAH

Kasi Sosmas

HANIATUN NUPUS

Kasi Ekbang

JUERIAH

Kasi Pemeritahan dan Trantib

SOFYA MUTHMAINNAH, S.Mn

Pengadministrasian Umum

ERNAWATY

Operator

FAHRUL IRWANSAH

Pengadministrasian Umum

DARMANSYAH, S.AP

Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri

Kelurahan Lempeh

Kecamatan Sumbawa, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat

Agenda

Belum ada agenda terdata

Sinergi Program

Komentar

Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini:93
Kemarin:122
Total:9.503
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:34.236.191.0
Browser:Tidak ditemukan

Lokasi Kantor Kelurahan

Latitude:-8.481052598474422
Longitude:117.4102020263672

Kelurahan Lempeh, Kecamatan Sumbawa, Kabupaten Sumbawa - Nusa Tenggara Barat

Buka Peta

Wilayah Kelurahan